Sunday, October 21, 2007

Anand Krishna Di Karangasem


Pesan Anand Krishna
Di Karangasem

Pada Rabu 3 Oktober 2007, Saya Kebetulan mendapat kesempatan mengikuti sebuah dialog Spirutual Universal yang menjadi Narasumbernya adalah seorang tokoh Lintas Agama yang begitu banyak menerbitkan Buku-buku berwawasan Spiritual Universal dan merupakan salah satu tokoh penting Nasional .Beliau Adalah Anand Krishna .

Bagi Saya Pribadi yang seorang Jurnalis kecil merasa amat bangga mendapat kesempatan mendengar sepatah dua patah uraiannya menyangkut sesuatu yang sangat global, Universal dan terungkap dari sebuah pemahaman yang amat dalam baik dari kaca mata Spiritual, wawasan Lingkungan, Kebangsaan ,Tradisi hingga era Millenium.. Setidaknya demikian yang kami rasa sebagai ungkapan kekaguman kami terhadap Tokoh yang memiliki banyak kiprah dibanyak bidang itu .

Terlepas dari paham atau tidaknya para audiens yang waktu itu lebih banyak dihadiri oleh kalangan Generasi muda terhadap percik pemikiran seorang tokoh besar seperti Anand Krishna ..Yang jelas dari tepian kolam Taman Sukasada Ujung, Karangasem dibalik riuh canda tawa para rekan-rekan generasi,diantara yang serius atau sekedar bangga menyandang identitas peserta,penuh Tanya sebagai kaum hawa sebagaimana juga kami memiliki Jiwa yang bergemuruh, penuh kegalauan .Ada yang masih bisa saya tangkap dan saya tuliskan menjadi sebuah artikel .Kurang lebih pesan seperti ini yang disampaikan oleh Anand Krishna yang saya laporkan sebagai sebuah berita…

Anand Krishna Ingatkan Pentingnya Kesadaran Spiritual Bagi Generasi

Karangasem_Generasihindu 3/10/2007

Tokoh Spiritual Lintas Agama Anand Krishna mengagumi aura potensi alam Karangasem. Hal itu disampaikannya Saat memberi pencerahan soal kebangsaan di Taman Sukasada Ujung Karangasem, Rabu (3/10) Kemarin terkait rangkaian kegiatan menyambut perayaan Hari Sumpah Pemuda yang diselenggarakan oleh DPD II KNPI Karangasem “Karangasem memiliki magnet potensi alam yang menarik tidak saja di bidang Pariwisata tetapi juga aura spiritual, dengan adanya pusat - pusat situs religius seperti Besakih, Lempuyang, Andakasa dan Padangbay serta situs-situs lainnya.” Ujarnya

Terkait khasanah nilai kebangsaan yang bertumpu pada nilai kebinekaan dan budaya nusantara, ditegaskan Anand, masyarakat nusantara harus mencintai budaya dan sejarah bangsanya untuk menghindari kondisi bangsa jatuh semakin terpuruk. Menurutnya, kesalahan dalam memenej negara kebangsaan yang bertumpu pada pemahaman nilai sejarah, dapat merupakan media pembelajaran mengembangkan masa depan belajar dati kelebihan dan kelemahan masa lalu. Masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya misalnya, memiliki dinasti dalam rentang terpanjang yakni selama 1200 tahun yang berpusat di Sumatra . Adalah suatu tingkat peradaban maha besar yang perlu dikaji apa faktor faktor penyebabnya. Semenatara itu masa kejayaan Kerajaan Majapahit, yang hanya bertahan selama 300 tahun lumpuh berikut kemahakuasaan Patih Gajah Mada. Namun setelah itu, kondisi Majapahit hancur. Komunitas Hindhu tercerai berai setelah dikuasai pihak luar. Saat itu, ciri perkembangan perdagangan dan ekonomi di masa lalu dengan memanfaatkan potensi unggul Indonesia baik produk kapal dagang, sektor unggu1an rempah-rempah, yang saat itu sudah dieksport.

Era kedatangan ekspansi Chengho ke tanah air yang berhasil menguasai Kerajaan di Indonesia, ditandai penguasaan terhadap sejumlah raja-raja yang akhirnya berhasil dikuasai asing. Ditegaskan Anand, bahwa budaya Indonesia tidak pemah meimport tata cara busana, peradaban clan budaya lainnya, tetapi sejak dahulu memang sudah memiliki kekayaan sendiri yang justru dimanfaatkan bangsa lain. Dalam Negara Kertagama maupun Serat Pararaton diprasastikan kisah sejajarah masa lalu bangsa yang perlu dikaji dan dipelajari kelebihan untuk kemajuan bangsa ke depan. Kealpaan generasi bangsa dengan melupakan sejarah, diingatkan Anand Krishna, akan mengalami realita kehancuran sebagaimana yang digambarkan oleh sejarah itu sendiri. la mengingatkan pimpinan penting masyarakat Indonesia , tidak ingkar dengan masa lalu sejarah bangsa.

Bupati Karangasem I Wayan Geredeg yang hadir dalam acara siraman rohani bagi kalangan generasi itu menyampaikan rasa salutnya dengan kegiatan yang diprakarsai KNPI Karangasem .Disebutkannya kegiatan demikian dapat menumbuhkan semangat pemuda dalam nuansa peringatan Sumpah Pemuda dengan melaksanakan kegiatan yang mengarah pada penguatan rasa nasionalisme clan kebangsaan. Bupati optimis jika jalinan kebersamaan dalam melaksanakan pembangunan dapat ditumbuhkan maka upaya meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat sesuai visi Jagadhita Ya Ca lti Dharma juga dapat diwujudkan.

Ketua KNPI I Nyoman Celos, SE mengatakan, Sumpah Pemuda sebagai tonggak sejarah kebangkitan pemuda selayaknya senantiasa bergema disetiap sanubari pemuda, bahwa keberadaan bangsa Indonesia tidak terpisahkan dari Kebinekaan, Pancasila, UUD 45 dan NKRI. Untuk itu untuk menghidupkan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme itu, KNPI senantiasa perlu menggetarkannya lagi melalui berbagai kegiatan demi ajegnya eksistensi negara pancasila sepanjang zaman. Acara tersebut didahului dengan penandatangan pesan perdamainan oleh Para peserta dan diakhiri dengan dialog yang dipandu Ketua Sabha Yowana Karangasem,I Putu Arnawa. (Karta Widnyana'07)


5 comments:

Unknown said...

comment buat semua artikel....kalo boleh tau,apa sih yang kamu harapkan dari agama hindhu dimata dunia ? dimata indonesia atau di pulau bali sendiri ? apa jangan2 sekedar copy paste artikel doank ? taukah km mayoritas pembuat undang2 pemimpin negara kita mayoritas bukan hindhu ? apakah hindu yang km harapkan sebenarnya ? coba kasi tau saya ? biar bisa berdiskusi selanjutnya

xcode.biohazard@gmail.com
Wayan UYE

Unknown said...

☼ jadilah orang yang mengerti sebab untuk menjadi orang yang pintar adalah suatu hal yang biasa dan sangat mudah.:D enggal balas comment aku ke mail brooo....thank yooo

http://my.opera.com/brainware/blog/

Siang Sen said...

bagi teman-teman yang berminat ingin mendownload anand krishna dan indonesian care's screensaver, silahkan kunjungi websitenya di : http://firstscreensaver.com

Anonymous said...

Hello !.
might , probably very interested to know how one can manage to receive high yields .
There is no need to invest much at first. You may start to receive yields with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you thought of all the time
The firm incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

Its head office is in Panama with affiliates everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
Do you want to become really rich in short time?
That`s your chance That`s what you wish in the long run!

I feel good, I began to get income with the help of this company,
and I invite you to do the same. It`s all about how to select a proper partner who uses your funds in a right way - that`s AimTrust!.
I earn US$2,000 per day, and my first investment was 500 dollars only!
It`s easy to start , just click this link http://dopuqazy.s-enterprize.com/awopitov.html
and lucky you`re! Let`s take this option together to become rich

Anonymous said...

Hello!
You may probably be very curious to know how one can manage to receive high yields on investments.
There is no initial capital needed.
You may begin earning with a sum that usually goes
for daily food, that's 20-100 dollars.
I have been participating in one company's work for several years,
and I'm ready to let you know my secrets at my blog.

Please visit my pages and send me private message to get the info.

P.S. I earn 1000-2000 per day now.

http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]