Tuesday, December 4, 2007

Nyepi For The World ??

Gagasan Tentang mengusung Filosofi "NYEPI " (The Silent Day) untuk Dunia demi mengurangi Gas Emisi akibat pemanasan Global terlontar.Tak tanggung-tanggung wecana demikian digelontorkan pada Konferensi PBB tentang Global Warning di Nusa Dua Bali..Hebat khan..? Sebagai Generasi bagaimana kita menanggapi hal ini.... ?

Terpenting dari semua itu, setidaknya BALI dengan perayaan NYEPI ini sudah menyumbangkan suatu praktek langsung/Upaya Nyata terkait Kepedulian lingkungan Bahkan Ozone demi kehidupan dunia.
Sementara Negara-nergara berkembang dan maju lainnya lewat suatu pertemuan akbar kini baru mencari-cari langkah untuk mengurangi resiko pemanasan Global ini.

Kalau di pikir-pikir Nilai kearifan lokal BALI itu keren juga..nyaris kita tidak menduga sebelumnya ternyata Nenek Moyang Kita telah lebih dahulu memikirkan kegelisahan Dunia ini.. Sayangnya suara kita kurang Vokal dan dasar analisa ilmiah kita kurang menggigit mungkin karena kita lebih disibukkan dengan aktivitas ceremonial jadi lupa mencari makna dibalik maksud perayaan itu...

Tapi suatu saat nanti Dunia pasti memikirkan hal itu, maklum belakangan ini Dunia disibukkan dengan urusan Perang(Ideologi/Cara pandang), Pasar Bebas, Industrialisasi dan urusan kebutuhan kasat mata lainnya, Tapi tunggu saja,cepat atau lambat anak cucu kita pasti akan melihat perayaan NYEPI untuk dunia...Perayaan itu dikenal dengan nama "The Silent Day" Atau beberapa negara menyebut "Nyepi For The World" Semacam perayaan Tahun baru atau Valentine Day perlahan namun pasti bakal dikenal juga !!

K.Vidnyana(Hiyoga)

1 comment:

Anonymous said...

lambat laun "sanatana dharma" atau ajaran yang abadi akan menjadi kenyataan. Konsep yang dikemukan Hindu paling relevan dengan kehidupan , paling bisa diterima logika dan tidak semata - mata karena kitab suci, sabda Tuhan atau wahyu Tuhan.
Siapa sih yang bisa melihat Tuhan?siapa sih yang menjamin kebenaran kalau kitab suci itu berasal dari Tuhan. Bisa aja hanya khayalan nabi2 saja. namun ajaran yang bisa diterima dengan akal sehat , bermanfaat untuk kehidupan dan relevan sepnjang zaman itulah yang diperlukan .semuanya itu ada pada Hindu.